Senin, 14 Maret 2016

MANAJEMEN STRATEGIK


1.   Sejarah Singkat PT. Bangun Kubah Sarana
        
Perusahaan dalam masyarakat yang semakin maju mendorong seseorang untuk melakukan investasi. Investasi mempunyai prospek untuk memperoleh keuntungan (profit) bagi siapa yang menjalankannya. Melihat situasi/ peluang tersebut, maka pada tanggal 11 Mei 2000 berdirilah suatu perusahaan yang bergerak dibidang jasa kontraktor dan spesialis atap yang merupakan perusahaan swasta yang bernama PT. Bangun kubah Sarana atau disingkat BKS yang berlokasi di Jl. Brigjen Katamso, Gedongan masjid No. 43 Waru Sidoarjo dengan surat izin dari akte Notaris Noor Alamsjah Sarjana Hukum No. 02 dengan mengkhususkan bidang sebagai general kontraktor dengan Surat Izin Usaha No. 510/47-pj/404.6.2/2015 selain itu dengan No. NPWP 01.975.819.2-641.000

PT. Bangun Kubah Sarana  adalah perusahaan general kontraktor gred 7 yang memiliki spesialisasi di bidang konstruksi atap khusus dan penutupnya. Kekhususan yang dimaksud adalah dari segi bentuk, ukuran, sistem konstruksi, tampilan, serta bahan.

PT. Bangun Kubah Sarana adalah salah satu pionir dalam pengembangan atap system panel diamond ini (diamond roofing system).Dengan didukung tenaga-tenaga professional yang berpengelaman dalam dibidang atap, PT. Bangun Kubah Sarana siap membantu menyelesaikan atap dengan desain-desain khusus, seperti untuk bangunan peribadatan, shopping mall, planetarium, hotel, pusat rekreasi, gedung serbaguna dan oleh raga, dan sebagainya yang menginginkan atap berkualitas tinggi dengan penampilan eksklusif.

    2.Visi dan Misi Perusahaan
a)    Visi PT. bangun Kubah Sarana
Berkarya dengan tangan dan hati untuk menjawab tantangan jaman, yang didasari
semangat profesionalisme demi kesajahteraan bersama, dengan mengutamakan
kesehatan dan keselamatan kerja.

b)    Misi PT. Bangun Kubah sarana
PT. Bangun Kubah Sarana senantiasa berupaya menyelesaikan amanat dengan
menjaga kualitas dan ketepatan waktu, serta mengutamakan keselamatan dan
kesehatan kerja yang disertai rasa tanggung jawa, dedikasi dan semangat untuk
menghasilkan karya baik.

3. ANALISA SMART
(S)pesifik, yaitu Jelas apa yang ingin dicapai atau diperoleh perusahaan.
(M)easurable, Terukur. yaitu memiliki ukuran – ukuran tertentu untuk menentukan keberhasilan perusahaan.
(A)chievable yaitu, bisa dicapai dan bukan sekedar angan-angan
(R)elevance ,Kesesuaian. yaitu kecocokan dengan bidang usaha baik Kualifikasi maupun Klasifikasinya
(T)imebound, Terbatas, yaitu mempunyai batas waktu atau kemampuan untuk dicapai dalam waktu tertentu.
Tujuan   :   
PT. Bangun Kubah Sarana bertekad untuk memberikan kepuasan pelanggan yang setinggi-tingginya tanpa mengabaikan aspek-aspek kesehatan dan keselamatan kerja dan kelestarian lingkungan hidup melalui komitmen-komitmen sebagai berikut :
1. Menciptakan Budaya Perusahaan yang mengutamakan kesehatan,keselamatan kerja,pelestarian lingkungan, kemandirian , ketangguhan,kesinambungan dan pencapaian kualitas secara optimal sesuai dengan keinginan Pelanggan,Peraturan Perundangan atau Peraturan lainnya yang berlaku.
2. Meningkatkan dedikasi dan kualitas sumber daya manusia agar dapat berinovasi dalam mengembangkan teknologi rekayasa konstruksi tepat guna yang diperlukan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan tanpa mengabaikan aspek-aspek K3 dan pelestarian lingkungan.
3. Aktif dalam melestarikan lingkungan hidup dengan melakukan sinergi dalam pemanfaatan SDA serta penendalian dampak-dampak lingkungan yang mungkin timbul akibat aktivitas-aktivitas,Produk dan Jasa perusahaan.
4. Mengkomunikasikan kebijakan ini kesemua karyawan atau pihak-pihak lain yang berkepentingan agar masing-masing menyadari kewajibannya terhadap mutu, kesehatan dan keselamatan kerja serta kelestarian lingkungan.
5. Menyediakan kebijakan ini bagi pihak-pihak yang berkepentingan.
6. Mengkaji secara berkala kebijakan perusahaan untuk meninjau relevansi dan kesesuaiannya dengan perubahan-perubahan yang dialami perusahaan 
Sasaran  :  
1. Mutu kerja yang dihasilkan sesuai dengan persyaratan teknis yang telah ditetapkan Pelanggan ,dengan paramater pencapaian , yaitu :
"Tanpa keluhan dari Pelanggan tentang mutu setiap Proyek"

2. Durasi Pelaksanaan proyek sesuai dengan jadwal yang telah disepakati dengan Pelanggan dengan Paramater keterlambatan :
" Tepat Waktu dan Tidak pernah Terlambat "

3. Setiap Proyek agar tidak memberikan dampak negatif terhadap Lingkungan Hidup sesuai dengan evaluasi dari pihak yang berwenang dengan parameter-parameter pencapaian.
" Tidak ada keluhan atau teguran dari pihak yang berwenang atau masyarakat "

4. Tidak ada kecelakaan di tempat kerja dengan parameter keberhasilan 
'' Tidak ada kecelakaan kerja selama di office , transportasi, gudang perlatan dan material,dan pelaksanaan proyek.

5. Peningkatan kesehatan karyawan dengan parameter keberhasilan
" Penurunan jumlah ketidakhadiran karena sakit , 10% setiap tahun.

6. Kesesuaian semua aspek-aspek pengendalian resiko dengan peraturan perundangan atau peraturan lainnya, parameter kesesuaian .
-Kesesuaian metode kerja dengan peraturan perundangan atau peraturan lainnya.
-Kesesuaian sarana dan prasarana kerja dengan peraturan perundangan atau peraturan lainnya.
-Kesesuaian kompetensi karyawan dengan peraturan perundangan atau peraturan lainnya.


4. ANALISA SWOT

a. STRENGHT  ( KEKUATAN )

Kekuatan pada PT. BANGUN KUBAH SARANA  pada barang dan jasa yang di sediakan pada perusahaan tersebut yaitu menjalankan usaha-usaha dalam bidang pemborongan, perencanaan dan pelaksanaan segala macam pekerjaan bangunan (general contractor). Lebih dari 300 kubah masjid, sebagian besar juga termasuk bangunan utama dan pendukungnya, yang tersebar dari Sabang sampai Merauke telah dibangun perusahaan ini.

Beberapa kontraktor besar di Indonesia yang mengerjakan proyek membangun masjid juga sering memercayakan pembangunan kubahnya kepada perusahaan ini. Termasuk pula menerima tender membangun yang non-masjid . diantaranya, proyek membangun jembatan, pasar, dan rumah sakit, Gedung Olahraga, Gedung DPRD serta bangunan lainnya. PT. BANGUN KUBAH SARANA menempatkan kepuasan konsumen sebagai prioritas. Contohnya , Jika perusahaan lain umumnya memberikan garansi 6 bulan hingga 1 tahun, jika atap atau kubah yang di bangun itu, misalnya bocor, sampai dua hingga tiga tahun, bahkan kapan pun, akan di perbaiki asalkan kerusakan itu murni, bukan akibat kesalahan kerja pihak lain. PT. BANGUN KUBAH SARANA juga senang bila ada tantangan berupa permintaan kubah dengan desain yang customer inginkan.

b. Weakness ( Kelemahan )

PT. BANGUN KUBAH SARANA perusahaan yang menjalankan usaha berupa kontraktor dan Persewaan Alat Berat ini belum melebarkan sayapnya ke seluruh indonesia. Contohnya, Untuk Persewaan Alat Berat  hanya ada di Kalimantan. Berbeda dengan pembangunan Kubah Masjid dan Bangunan Lainnya yang sudah tersebar dari Sabang sampai Merauke.

 c. Oppurtinities (  Kesempatan )

PT. BANGUN KUBAH SARANA dapat menghasilkan karya sebagai sarana bagi masyarakat. Kelebihan PT. BANGUN KUBAH SARANA tersebut adalah kualitas yang tinggi dengan harga relative terjangkau oleh customer  dari berbagai kalangan. Dengan begitu PT. Bangun Kubah Sarana dapat meraih pangsa pasar yang cukup besar.

PT. BANGUN KUBAH SARANA Mendirikan anak perusahaan untuk melengkapi lini bisnis induknya.

d. Threats ( Ancaman )

PT. BANGUN KUBAH SARANA juga memiliki beberapa perusahaan pesaing yang memiliki produk sejenis seperti PT. KUBAH ORNAMEN dan CV. CAHAYA ABADI . Meskipun sebagian besar produknya meniru pada PT. Bangun Kubah Sarana .

5. DAYA SAING
a. Sumber Daya
        *Berwujud
                 - Material  Besi , Baja , Pipa dan Material Penunjang
              - Mesin dan Peralatan
              -Tenaga Ahli
              -Kendaraan
              - Karyawan
              - Bangunan
              -Komputer
              - Furniture
            *Tidak Berwujud
           - Pelayanan
              - Kualitas Material yang dipakai
              - Kualitas Karya yang dihasilkan
              -Sertifikasi Manajemen Mutu ISO 9001:2008, ISO 14001:2004
               ,OHSAS 18001:2007,  dan SMK3 (Sistem ManajemenKeselamatan, 
 Kesehatan Kerja
              -SOP (Standart Operasional Prosedur)
              - Program untuk Mendesain Gambar Rancang Bangunan
              - Memberikan Garansi  hingga 3 Tahun
b. Kemampuan kumpulan sumber daya
                 - Tenaga Ahli
              - Karyawan
              - Material  Besi , Baja , Pipa dan Material Penunjang
              -Mesin dan Peralatan
              - Program untuk Mendesain Gambar Rancang Bangunan
              - Pelayanan
              ­- Memberikan Garansi  hingga 3 Tahun
              - Kualitas Material yang dipakai
              - Kualitas Karya yang dihasilkan
- Sertifikasi Manajemen Mutu ISO 9001:2008, ISO 14001:2004   ,OHSAS 18001:2007,  dan SMK3 (Sistem Manajemen Keselamatan ,Kesehatan Kerja
c. Kompetensi Inti
                - Pelayanan
                   - Kualitas Material yang dipakai
                   - Kualitas Karya yang dihasilkan
                   - Memberikan Garansi  hingga 3 Tahun
                   - Tenaga Ahli
                   -Sertifikasi Manajemen Mutu ISO 9001:2008, ISO 14001:2004
,OHSAS 18001:2007, dan SMK3 (Sistem Manajemen  Keselamatan  ,  Kesehatan Kerja

d. Keunggulan Bersaing yang berkesinambungan
                - Pelayanan
                   - Kualitas Material yang dipakai
                   - Kualitas Karya yang dihasilkan
                   - Memberikan Garansi  hingga 3 Tahun
                   - Tenaga Ahli

e. Daya Saing
- Pelayanan
                   - Kualitas Material yang dipakai
                   - Kualitas Karya yang dihasilkan

6. VALUE CHAIN 





7. KONDISI INTERNAL PERUSAHAAN STRATEGIC       ADVANTAGE PROFILE (SAP)

     *Stregth


     *Weakness


8. Kuesioner Internal Faktor Analysis Strategy untuk 
    mengetahui Kekuatan (Strength)


9. Kuesioner Internal Faktor Analysis Strategy untuk 
    mengetahui Kelemahan (Weakness)


10. Kondisi eksternal perusahaan Envorimental Threat and opportunity profil (ETOP)




11. Kuesioner Eksternal Factor Analysis Strategi Untuk Mengetahui Peluang (Opportunity)  

12. Kuesioner Eksternal Factor Analysis Strategi Untuk Mengetahui Ancaman  (Threat)
13. Perhitungan Total IFAS dan EFAS

14. Diagram SWOT

15. Penjelasan Tentang Diagram SWOT

16. Pertemuan Titik Diagonal


 17. MATRIK SWOT




18. MATRIK STRATEGY UMUM
19. VARIASI STRATEGY




20. STRATEGI BISNIS UNIT




21. BISNIS PROSES

22. SOP
*SOP MARKETING
*SOP ENGINEERING

*SOP PEMBELIAN MATERIAL 


*SOP PENERIMAAN DAN PENYIMPANAN MATERIAL
*SOP PENGIRIMAN BARANG 







23. ANALISIS PERSAINGAN

24. ANALISIS COMPETITIVE ADVANTAGE
25. KPI












 Nia Aghniya Mafda
01213034
Ekonomi Manajemen
Universitas Narotama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar